Poli Gigi

Poli Gigi

Pengetahuan dan kesadaran masyarakat Indonesia pada umumnya tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut masih sangatlah rendah.Masih banyaknya penderita yang datang ke poli gigi pada saat penyakit gigi sudah parah, sehingga akhirnya gigi menjadi sulit di pertahankan. Permasalahan gigi pada setiap pasien berbeda-beda sesuai dengan masalah atau penyakit yang dialami pasien. Diperlukan perawatan secara berkala agar masalah gigi dan mulut yang dialami pasien dapat segera teratasi dengan cepat.

Pencegahan Penyakit Gigi dan Mulut

Pemeriksaan gigi teratur harus dilakukan setiap enam bulan sebagaimana direkomendasikan oleh American Dental Hygienists Association. Kunjungan ke dokter gigi selalu menjadi penyebab kegelisahan. Pemeriksaan gigi yang teratur penting karena alasan sebagai berikut:

- Untuk memperkirakan seberapa sehat gigi dan gusi Anda dan karenanya mengobati penyakit.

- Untuk mengevaluasi risiko pembusukan gigi dan penyakit gusi sehingga perkiraan pencegahan akan dilakukan sebelum penyakit menjadi lebih sulit diobati dan diatasi.

- Untuk mengatasi bengkak dalam semua bagian mulut Anda termasuk gusi dan pengeroposan tulang.

- Untuk mengidentifikasi tanda-tanda yang tidak biasa dalam rongga mulut Anda seperti perubahan warna mukosa mulut atau leukoplakia (bercak putih dan abu-abu di dalam mulut) yang dapat menjadi tanda kelainan yang lebih serus seperti infeksi.

- Untuk memeriksa kanker mulut. Kanker mulut terus-menerus menjadi populer dan pemeriksaan gigi dapat mengidentifikasi penyakit fatal ini pada tahap awal.

Jika anda ingin memiliki gigi yang sehat maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan gigi secara rutin dan benar. Menyikat gigi yang benar minimal dua kali sehari dapat membantu anda menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Menjaga bersihan sikat gigi sebagai alat pembersih gigi juga penting. Ganti sikat gigi minimal 2 bulan sekali dan jauhkan sikat gigi dari toilet.
Buah-buahan mengandung serat serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Kandungan serat dalam buah-buahan bertindak sebagai sikat gigi alami yang membersihkan sisa-sisa makanan sekaligus mengusir bakteri di mulut. Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, stroberi dan buah kiwi juga dapat membantu memperkuat gusi.
Seperti buah-buahan, sayuran mengandung serat alami yang mampu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan flak. Selain itu, sayuran yang mengandung vitamin A seperti wortel, brokoli dan labu membantu pembentukan lapisan email gigi.
Jika anda ingin memutihkan gigi, tidak ada salahnya mencoba produk pemutih gigi yang sekarang banyak dijual di pasaran. Namun, akan lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Pemutihan gigi juga dapat dilakukan dengan bahan alami misalnya air lemon dan garam. Air jeruk lemon mengandung asam sitrat yang mampu membuat gigi tampak leih putih berkilau. Untuk mendapatkan khasiatnya, rajinlah menyikat gigi menggunakan air lemon yang dicampur dengan garam secukupnya.